Kesamben = Kasembon ?



Ada beberapa kota atau daerah di Indonesia yang memiliki kesamaan nama. Kalaupun ada perbedaan, tidak terlalu jauh.  Misalnya, kota Surakarta dengan Kartasura. Probolinggo dengan Purbalingga. Purwokerto dengan Purwakarta. Bahkan ada beberapa kota yang punya nama serupa, hanya letaknya di provinsi yang berbeda. 

Nah, gara-gara adanya kemiripan nama kota ini, Silvia n’ Joe Chocolate hampir saja salah mengirimkan pesanan cake cokelat pelanggan. 

Kejadiannya beberapa hari yang lalu. Ketika itu, toko cokelat Silvia n’ Joe Chocolate mendapat order via internet pembuatan cake cokelat 3D berbentuk kamera Sony DSC HX1.  
Pemesan minta cake cokelatnya dikirim ke kecamatan Kesamben, yang  sepengetahuan kami lokasinya kurang lebih 49 km sebelah Barat Daya kota Malang. 


Pada hari yang ditentukan cake sudah siap kami kirimkan via travel Malang-Blitar langganan kami. Pukul 13.30 kami sudah berada di kantor travel sambil membawa paket cake cokelat yang akan kami titipkan. Rencananya, kendaraan travel akan berangkat pukul 14.00 dan diperkirakan sampai di Kesamben paling lambat 2 jam kemudian.

Memang, sejak beberapa hari sebelumnya, si pemesan cake sudah wanti-wanti kepada kami agar pesanannya sampai malam itu juga di alamat rumahnya, karena hari itu adalah hari ulang tahun pernikahan mereka.  Ia berencana memberikan surprise kepada suaminya.

Namun, kejadian berikutnya benar-benar mengejutkan kami, saat Petugas di kantor Travel tiba-tiba bertanya kepada kami , “Mas, ini alamatnya yang bener mana?”

Awalnya kami menjawab dengan santai, “Seperti yang kami bilang tadi pak. Kesamben. Sudah kami tulis lengkap kok alamatnya di bungkus paket. Kata yang pesan, rumahnya persis di pinggir jalan besar Kesamben.”

Wajah petugas itu menampakkan kebingungan. “Lho mas, tapi ini tulisannya Kasembon bukan Kesamben.”
“Kesamben  pak…. Hah.. Lho, Kesamben apa Kasembon ya yg bener ??”  Dheg !! Nafas kami seakan terhenti.

Tanpa menunda lagi, kami segera hubungi  pemesan cake via telpon saat itu juga. Kami berharap-harap cemas, mudah-mudahan alamatnya bener Kesamben, bukan Kasembon. Karena kalau sampai salah, benar-benar celaka. Kesamben berada di sebelah Barat Daya Malang, sedangkan Kasembon terletak 57 km Barat Laut kota Malang. Arah yang berbeda dengan jalur yang dilewati kendaraan travel ke Blitar.


Dan ternyata kami memang salah ! Yang benar adalah Kasembon.

Rasa-rasanya lemas kaki ini. Kami pun segera menginformasikan kepada pemesan bahwa kemungkinan cake baru akan sampai sekitar pukul 19.00. Itu kami ketahui berdasarkan informasi petugas travel  di kantor yang mau berbaik hati  membantu mencarikan travel lain yang berangkat jam 16.00 menuju arah Kasembon. Untunglah, pemesan cake tidak mempermasalahkan. Menurutnya, cake itu hanya untuk dimakan bersama suami dan anaknya di rumah saja.

Namun, setelah kami pertimbangkan terlalu beresiko dengan waktu yang sangat mepet seperti itu untuk menggunakan jasa travel lain. Di samping sopir travel pasti masih harus mencari-cari alamat, tentunya tidak mudah mencari alamat di hari yang sudah gelap. Kami tidak berani mengambil resiko mengecewakan pelanggan.

Akhirnya, siang itu kami putuskan untuk mengantar sendiri paket cake cokelat itu ke kota kecamatan Kasembon.  Berbekal peta dari Google, berangkatlah kami menuju Kasembon.

Perjalanan ke Kasembon dari Malang  membutuhkan waktu 2 jam. Berangkat pukul 15.00, sampai di depan rumah pemesan yang berada di sebelah toko De'Paper milik pemesan, tepat pukul 17.00. 


Gara-gara kekeliruan itu, terjadi perubahan scenario.  Seharusnya cake ini adalah untuk surprise kado ulang tahun pernikahan sang istri kepada suami tercinta. Tapi berhubung saat kami tiba di alamat yang dituju, sang istri masih istirahat, maka yang menerima cake ini justru sang suami.  Sehingga bisa dibayangkan yang terkejut nanti malah si istri

Benar juga. Dalam perjalanan pulang ke Malang, sang istri menelpon kami. Ia tidak menyangka cake pesanannya sudah sampai lebih cepat dari perkiraan . Ia mengaku surprised dan senang dengan cake cokelat 3D buatan team kami di Silvia n’ Joe Chocolate.

Inilah cake pesanan beliau :)







Yang jelas, pelanggan kami ini juga tidak menyangka kalau kami mengantar sendiri cake pesananya dari Malang sampai Kasembon.

Hehehe… kami juga tidak menyangka, mbak. 

Ternyata Kasembon memang tidak sama dengan Kesamben :)

Komentar

Postingan Populer